Penggunaan Formula Excel

Selasa, 11 September 2012 by: catatanku

Sudah saatnya menyimpan hasil cursus tentang Microsoft Office terutama kelanjutan excel yang telah lama saya dapatkan, dari kemarin hanya tentang photoshop yang di posting.

Formula

Di Excel setiap penulisan formula di dalam cell selalu dimulai "=" , dengan menuliskan tanda itu maka akan memberitahukan Excell artinya yang di tuliskan itu adalah formula atau rumus bukan teks atau nomor. Setelah selesai menuliskan formula maka excel akan menunjukkan hasilnya.

Contoh :

Letakkan kursor terserah di mana saja atau random cell
ketik "=145+98", lalu tekan enter maka akan terlihat hasilnya


Maka di cell tadi akan menunjukkan hasilnya "243"



Jika kita ingin merubah nilai di bar ke awal semula, klik bar dan double klik atau cara singkatnya tekan tombol F2 di keybord.
Cara tersebut juga bisa dipakai untuk (perkalian*, pembagian /, pengurangan -, dan penjumlahan +), sedangkan untuk penulisan bentuk kurung sperti contoh : 2+3*4 , penulisannya adalah "=(2+3)*4" lalu klik Enter, untuk penulisan rumus kuadrat bisa dengan "^", contohnya : 2³ yaitu "=2^3" tekan enete lalu akan hasilnya.



Nb : ini hanyalah blog pribadi jadi semua postingan blog adalah apa yang saya dapat dari hasil cursus dan yang saya pelajari tentang photoshop lalu saya letakkan di blog ini. tujuannya hanya satu untu menuliskan kembali kenapa tidak di bukukan yaitu resiko buku itu hilang atau rusak jadi mohon jangan hack blog saya, intinya bukan untuk mengajarkan atau memberitahu kepada pengunjung blog saya ini, saya ucapakan terimakasih bagi pengunjung yang sengaja atau tidak  :) ke blog saya ini.